2 Jenis Anti Virus Berbayar

Berikut akan berbagi lagi mengenai jenis jenis Anti Virus berbayar.

Simak berbagi berikut ini.

Dari namanya dapat dipastikan Anti Virus ini mengharuskan kita untuk membayar agar kita dapat merasakan  manfaatnya untuk kita.  Dengan kita melakukan pembayaran, berarti kita melakukan kontrak sesuai dengan license yang diberikan pembuat anti virus, misalnya yang paling banyak 1 tahun license (artinya kita akan dapat menikmati fitur dan benefitnya selama 1 tahun sejak diaktifkannya license tersebut).  Selepas 1 tahun tersebut kita harus melakukan pembelian license baru untuk dapat menikmati fitur dan benefitnya. 

Kenapa harus membayar  ?
Hal ini berkaitan dengan hak cipta, berkaitan dengan kita menghargai hasil karya orang lain yang sudah susah payah membangun, meriset, meneliti untuk membuat anti virus.  Banyak yang melakukan crack untuk meminimalisir biaya, hal ini biasanya untuk mengakali license agar terus dapat melakukan update tanpa harus bayar.  
Saran untuk crack sebaiknya dihindari karena terkait hak cipta, tetapi apabila dilakukan berarti resiko akan ditanggung sendiri oleh pelaku.  Terutama untuk perusahaan, karena sering adanya sidak/operasi mendadak terkait legalitas software bila ditemukan software ilegal, maka resiko kehilangan yang lebih besar dapat diterima oleh perusahaan yang bersangkutan.
Apabila memang tidak memiliki dana khusus untuk Anti Virus, lebih baik gunakan lokal vendor atau free sehingga tidak perlu bayar tetapi dengan resiko yang lain.

Kenapa harus selalu membayar tiap tahun ?
Hal ini dikarenakan perkembangan pertumbuhan virus yang luar biasa pesat dengan jenis dan model baru, sehingga diperlukan update terbaru untuk virus jenis baru sehingga PC benar benar terproteksi dengan baik, atau minimal sebagai langkah antisipasi apabila ada serangan virus sehingga dampak kerusakan dan kehilangannya minimal.

2 Jenis Anti Virus Berbayar

  1. Retail Anti Virus (Home User/ Individual)
  2. Corporate Anti Virus (Korporasi / Perusahaan)
Retail Anti Virus
Dikhususkan untuk pengguna individu (home user).  Anti Virus jenis ini biasanya disertai CD Instaler dan license number untuk aktifasi.  Biasanya vendor menawarkan 2 jenis lisensi
  • 1 license untuk 1 PC
  • 1 license untuk 3 PC
Jenis ini sering kita jumpai dijual secara online di internet atau di mal khusus komputer atau toko toko komputer.
Secara fitur Retail tidak akan selengkap Corporate karena disesuaikan dengan kebutuhan atau segmentasi pasarnya karena tidak memerlukan sentralisasi management, biasanya vendor menawarkan Anti Virus Standard, Internet Security atau Full Protection.
Jenis tersebut secara mendalam terkait fitur di dalamnya seperti firewall, parental control, safe browser,dll
Secara harga range nya di sekitar 100-350ribu tergantung jenis dan jumlah licensenya. Misalnya standar berbeda dengan full protect atau internet security, 1 license 1PC berbeda dengan 1 license 3 PC untuk tiap tiap jenisnya.
Masalah deteksi virus dari masing masing vendor sepertinya beda beda tipis, tergantung dari update dan model penggunaan dari pengguna komputer.

Corporate Anti Virus
Dikhususkan untuk user perusahaan yang memiliki banyak komputer.  Bisa dibayangkan beratnya tim IT kalau sebuah perusahaan yang memiliki ratusan hingga ribuan komputer harus melakukan instalasi manual setiap komputer, belum lagi kalau komputernya juga tersebar di banyak cabang di lain kota atau luar pulau hehehehe pasti akan memakan tenaga, waktu dan biaya yang sangat tidak sedikit.  Belum lagi apabila ada trouble komputer, komputer rusak dan lainnya sehingga IT harus mondar mandir ke komputer tersebut.
Repot sekaleeeeee.....

Untuk itualah para vendor menciptakan Anti Virus jenis ini sehingga memudahkan pekerjaan tim IT sebuah perusahaan untuk melakukan instalasi maupun melakukan manage komputer tersebut.

Biasanya semua fitur yang ada di retail terdapat di Corporate, dengan penambahan fitur khusus yang memudahkan kontrol hingga melakukan bloking user terkait USB,eksternal hardisk,dll
Jenis ini biasanya juga memberikan report terkait deteksi virus, quarantine, jenis virus, komputer yang terdeteksi, dll.  Hal ini akan sangat berguna untuk tim IT dalam melaksanakan tugasnya terkait SOP, ISO yang mengharuskan semua aktifitas terekam sehingga bisa dilakukan evaluasi dan analisa untuk dilakukan pencegaha atau problem solvingnya.

Jenis jenis Corporate Anti Virus
  • Client Server Base Anti Virus 
  • Cloud Base Anti Virus
" Seperti halnya kita membeli dan memakai HELM untuk berkendara,Tidak ada jaminan yang menggaransi bahwa dengan HELM kita pasti akan selamat dari resiko terburuk bila terjadi kecelakaan,Tetapi dengan penggunaan HELM minimal kita melakukan antisipasi pada akibat kecelakaan "

" Demikian halnya dengan Anti Virus,Tidak ada jaminan dari resiko terserang virus apabila kita menggunakannya,Tetapi minimal kita sudah prepare untuk resiko terburuk dengan Anti Virus...."


Lebih lanjut mengenai Corporate Anti Virus Baca Di Sini
Corporate Anti Virus

Baca Juga






Share this article :
 

+ komentar + 1 komentar

28 Desember 2014 pukul 20.57

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berbagi Karena Benar !!!!!! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger